Jumat, 28 Juni 2013

progam

Pertama-tama sobat buat sebuah database dengan Microsoft Office Access 2003 dan beri nama database tersebut "latihan.mdb". Kemudian buat sebuah tabel dengan nama "tbbelajar", kemudian simpan pada sebuah folder dan untuk disain file/tabel bisa sobat lihat pada gambar dibawah ini :

DTPicker By Visual Basic 6.0

Jika sobat pengguna Miccrosoft Office versi 2003 keatas, pada saat pembuatan database, simpanlah dengan format 2003 (*.mdb), karena ekstensi untuk 2003 dan 2007 keatas berbeda. cara pembuatan database dengan Microsoft Office Access 2003 bisa sobat lihat pada posting saya yang berjudul Cara Membuat Database Dengan Microsoft Office Access 2003.

Setelah itu buatlah disain form seperti gambar dibawah ini :

DTPicker By Visual Basic 6.0

Sebelumnya, atur settingan pada DTPicker, dengan cara :

  • Klik kanan pada DTPicker yang berada di Form kemudian pilih Properties.
DTPicker By Visual Basic 6.0
  • Pada pilihan Format, pilihlah 3 - dtpCostum, dan pada kotak Costum Format isi dengan : dd-MMMM-yyyy kemudian klik OK. seperti pada gambar berikut :
DTPicker By Visual Basic 6.0



Setelah itu tambahkan sebuah Module koneksi pada project yang sedang kita buat. Cara pembuatan modul bisa sobat lihat pada tutorial saya yang sebelumnya. Kemudian masukkan script berikut di modul tersebut :

Jika sudah, kembali pada form yang kita buat tadi, duoble klik pada form kemudian masukkan script berikut tepat diantara Private Sub Form_Load() dengan End Sub :


Selanjutnya buat sebuah program Bersih Form yang berguna untuk mengembalikan kondisi form pada kondisi normal. Caranya masukkan script berikut di bawah script Form_Load yang tadi kita buat :


Sekarang kita akan membuat tombol "Simpan", caranya double klik pada tombol "Simpan" dan masukkan script berikut tepat diantara Private Sub Command1_Click() dengan End Sub :


Sebelum membuat tombol "Edit" dan "Delete", kita harus membuat program pemanggilan data berdasarkan "NIS". Caranya duoble klik pada Text1, kemudian pilih Procedure KeyPress. Untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat pada tutorial sebelumnya yang berjudul Cara Membuat Program Simpan Edit Dan Delete Dengan Visual Basic 6.0. Kemudian masukkan script berikut tepat diantara Private Sub Text1_KeyPress(KeyAscii As Integer) dengan End Sub :


Setelah itu, kita buat tombol "Edit" dengan cara duoble klik ada tombol "Edit" dan masukkan script berikut ini tepat diantara Private Sub Command2_Click() dengan End Sub :


Selanjutnya, kita buat tombol "Delete", dengan cara duoble klik pada tombol "Delete" dan masukkan script berikut tepat diantara Private Sub Command3_Click() dengan End Sub :


Untuk tombol "Keluar", duoble klik pada tombol "Keluar" dan masukkan script berikut tepat diantara Private Sub Command4_Click() dengan End Sub :


Bagikan :
Artikel terkait :

0 komentar :

Posting Komentar